Remunerasi - 3 April 2010 - Usaha Jasa Pariwisata
Welcome to UJP Official Website

Main | Registration | Login
Saturday, 03/Dec/2016, 4:18 AM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Our poll
Rate my site
Total of answers: 158
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Main » 2010 » April » 3 » Remunerasi
11:54 AM
Remunerasi
REMUNERASI VS SERTIFIKASI GURU

Setiap manusia perlu berusaha untuk menghidupi diri dan keluarganya. Berusaha disini dalam artian bekerja, baik di sektor formal maupun di sektor informal. Salah satu sektor formal yang saat ini banyak di incar oleh angkatan kerja adalah menjadi PNS.

Sistem Penggajian PNS sudah diatur secara khusus. Besarnya gaji PNS diatur beradasarkan Pangkat/Golongan yang disandang, ditambah tunjangan jabatan (bagi yang memiliki jabatan) dan tunjangan lain-lain. Jadi sebenarnya seluruh PNS mempunyai dasar penggajian yang sama.

Berdasarkan perkembangannya dan kebiasaan yang dilakukan oleh PNS, terutama PNS yang menduduki unit basah (yang berkaitan dengan sumber keuangan Negara) dan unit-unit strategis lainnya, dasar penggajian menjadi lain. Pemerintah beranggapan, untuk mengurangi kebiasaan buruk (Korupsi) PNS, maka pemerintah menerapkan kebijakan Remunerasi.

Perlu kita ketahui apa sih Remunerasi?
Beberapa orang kadang salah menulis dan melafalkan kata remunerasi. Ada yang mengatakan remonerasi, ada pula yang menuliskan renumerasi. Yang benar adalah REMUNERASI Arti harafiahnya adalah "payment" atau penggajian, bisa juga uang ataupun substitusi dari uang yang ditetapkan dengan peraturan tertentu sebagai imbal balik suatu pekerjaan dan bersifat rutin.

Sedangkan pengertian resmi menurut kamus Bahasa Indonesia adalah pembelian hadiah (penghargaan atas jasa dsb); imbalan. Remunerasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Remuneration. Wikipedia memberi penjelasan, "Remuneration is pay or salary, typically a monetary payment for services rendered, as in an employment. Usage of the word is considered formal.".

Beberapa departemen yang menikmati kebijakan remunerasi ini adalah sebagai berikut :
1. Departemen Keuangan (Bea cukai, Pajak dll yang termasuk lingkup depkeu)
2. Dephan (TNI, POLRI)
3. Depkumham (Pengadilan, Imigrasi, dan unit-unit lain yang termasuk dalam lingkup      depkumham)
4. Kejaksaan Agung

Dari segi jumlah pemberian remunerasi sudah sangat besar, sudah mencapai besaran 10 kali lipat dari gaji pokok. Contoh kasus gayus, jumlah remunerasi nya mencapai 8,1 juta rupiah.

Disisi lain, Depdiknas melalui kebijakannya untuk meningkatkan kesejahteraan guru, dijalankan kebijakan sertifikasi guru dan dosen. Besaran penghasilan tambahan dari kebijakan sertifikasi guru ini adalah 1 kali lipat dari gaji pokok PNS guru berdasarkan pangkat/golongan. Coba anda bandingkan, tidak adil kan? Hal ini mungkin diakibatkan bahwa sektor pendidikan dianggap kurang penting dan tidak strategis bagi bangsa ini. Sehingga cukup diberikan kenaikan gaji 1 kali lipat saja, itupun harus melalui proses di sertifikasi dulu, setelah lulus proses sertifikasi baru uang sertifikasi itu di alirkan ke guru yang bersangkutan.  Kebijakan ini dilaksanakan secara bertahap berdasarkan quota yang di berikan setiap periodenya.

Betul kah, sebegitu tidak pentingnya guru sebagai pencerdas kehidupan bangsa di  bandingkan dengan penerima Remunerasi ?


Views: 1961 | Added by: YON | Rating: 3.0/2
Total comments: 2
1  
Mohon maaf sebelumnya, guru adalah profesi yang sangat mulia, saya setuju sekali. Tapi ini bkn berarti kalo tdk ada guru, semua org akan jadi bodoh. Banyak media pembelajaran yang tidak mengharuskan kehadiran seorang guru, seperti yg saya alami sekarang, kuliah di universitas terbuka, atau waktu dulu di sekolah, saya ingat sekali ketika seorang guru saya malah bertanya kepada saya mengenai hal pelajaran gara2 buku yg saya miliki lebih banyak daripada guru saya itu, itulah kenyataan. Saya tidak mau membandingkan lebih penting mana atau lebih pantas siapa yng berhak menerima remunerasi tinggi antara guru / pekerja pendidikan dengan pegawai DJP, tapi yg pasti keduanya layak memperolehnya, terlebih bg pegawai DJP dengan beban kerja dan target penerimaan yg tinggi serta besarnya godaan yg selalu menemani maka sekali lagi tolong temen2 maklumkan kalau remunerasi sdh selayaknya mereka terima.

2  
lebih baik semuanya menerima remunerasi saja, tanpa syarat dan tanpa seleksi.

Name *:
Email *:
Code *:
Search
Calendar
«  April 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930
Entries archive
Site friends
  • Create your own site

  • Copyright MyCorp © 2016 |