Renungan Profesi - 9 February 2010 - Usaha Jasa Pariwisata
Welcome to UJP Official Website

Main | Registration | Login
Saturday, 03/Dec/2016, 4:20 AM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Our poll
Rate my site
Total of answers: 158
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Main » 2010 » February » 9 » Renungan Profesi
11:19 AM
Renungan Profesi
RENUNGAN PROFESI SANG PENCERDAS BANGSA10:57 Pm
Anda pasti sudah tahu, siapa yang sangat berperan penting dalam proses kemajuan suatu bangsa. Anda pasti akan menjawab, semua itu tak lepas dari peranan guru sebagai pendidik yang mempersiapkan anak bangsa untuk membangun bangsanya. Semua orang sadar akan hal itu. Tapi tahukan anda, bahwa profesi pendidik (GURU) sering dipandang sebelah mata, kadang mungkin terpejam alias tak dilihat orang. Mungkin termasuk anda sendiri, yang kurang menyadari bahwa anda saat ini adalah hasil dari jerih payah Sang Pendidik.

Ingat ungkapan " Pahlawan tanpa tanda JASA ?"
Kita pasti semua ingat akan ungkapan itu. Kalau ungkapan itu di dengungkan di telinga kita, pasti kita akan langsung berfikir " yang dimaksud pasti Sang Pendidik ( Guru ). Mestikah ungkapan ini kita dengungkan saat ini ? Mengingat akan peran penting Sang Pendidik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ? Ataukah ungkapan itu mesti kita ubah dengan Pahlawan yang patut di berikan penghargaan yang besar terhadap jasa-jasanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Profesi ini juga sangat riskan akan tuntutan hukum dari orang tua atau pihak-pihak lain. Karena saat ini guru sudah tidak diperbolehkan untuk menyentil sedikit saja siswa yang sangat bandel dan tak bermoral sekalipun. Guru akan selalu dikaitkan dengan pelanggaran HAM, Penganiayaan, dan hal-hal lain. Ada beberapa kasus yang akhir-akhir ini marak di siarkan di media elektronik dan media cetak, tentang penganiayaan guru terhadap siswa. Kita jangan hanya menjatuhkan vonis bahwa guru yang selalu salah. Kita juga harus tinjau kronologis kejadian, apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Kalau memang guru bertindak kasar dan sadis terhadap siswa yang tidak berbuat kesalahan berat, mungkin guru ini harus dipersalahkan. misalnya siswa sedang duduk-duduk manis lalu guru tersebut menampar, menendang dan bentuk-bentuk lain dari penganiayaan, kita harus cek kesehatan mental guru ini kepada psikiater, barangkali stress atau berubah menjadi gila.

Kita harus menyadari peran guru dalam memajukan bangsa ini. Bangsa ini jangan bangga dengan SDA yang katanya melimpah. Toh banyak juga rakyat kita yang miskin, yang konon katanya bangsa kita ini kaya (gemah ripah loh jinawi). Kita tidak punya SDM yang dapat mengelola SDA yang katanya mepimpah tadi.

Jangan kira bangsa yang miskin SDA akan menjadi negara miskin pula. Apabila mereka sadar dengan pengembangan SDM yang unggul dengan menciptakan sistem pendidikan yang baik dan penghargaan terhadap guru-guru mereka, bangsa ini pasti jaya. Berkacalah kepada Negara Singapura. Negara ini kecil dari ukuran, tidak memiliki SDA yang melimpah seperti bangsa kita, tapi Singapura sangat maju di bidang ekonomi. Negara ini sangat maju di kawasan ASEAN bahkan ASIA. Negara ini disegani dalam hal kekuatan ekonominya. Semua itu bisa terjadi karena SDM unggul yang mereka miliki. SDM yang unggul ini mereka hasilkan dari sistem pendidikan yang baik,

SADARLAH BANGSA KU, MASYARAKAT KU, .................................... BAHWA GURU BERPERAN PENTING DALAM MENJADIKAN BANGSA INI MENJADI BANGSA YANG MAJU. BERIKAN PENGHARGAAN YANG SEHARUSNYA MEREKA DAPATKAN..........!!!!!
Views: 7695 | Added by: YON | Rating: 2.8/4
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Search
Calendar
«  February 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28
Entries archive
Site friends
  • Create your own site

  • Copyright MyCorp © 2016 |